Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUKUN IMAN ( IMAN KEPADA HARI KIAMAT )

Assalamualaikum,
Pernah dengar, kita ketakutan ketika mendengar hari kiamat. Lalu ada pertanyaan, Hari Kiamat itu kapan ya ? apa yang terjadi setelah hari kiamat ?. Apalagi kalau mendengar Neraka, pastinya mereka ngga ada yang mau dan sebaliknya kalau mendengar Surga, pastinya mereka mau untuk dibahasnya. 
Mari kita bahas lebih dalam lagi yuuk untuk kita .... 

Lagu
Satu dua tiga, empat lima enam. Enam rukun Iman percaya dan hafalkan
Allah Malaikat Kitab, Rasul Kiamat Takdir. Enam Rukun Iman percaya dan hafalkan


ARTI HARI KIAMAT

Hari kiamat adalah hari akhir untuk seluruh ciptaan Allah. Kiamat ini terbagi menjadi 2 yaitu 


  1. Kiamat kecil ( seperti kebakaran, gempa bumi, sunami, dan mendengar seseorang meninggal dunia )
  2. Kiamat besar (Seluruh ciptaan Allah berakhir, binatang, tumbuhan, dunia, langit, manusia bahkan seluruh alam semesta berakhir) 

KEHIDUPAN INI AKAN BERAKHIR.

Suatu saat nanti, dunia ini akan ada akhirnya. Manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan akan berakhir. Batas akhir kehidupan itulah disebut dengan hari kiamat atau hari akhir. Dan apabila hari kiamat itu datang,  Allah memberikan tanda dengan memerintahkan Malaikat Israfil untuk menyalakan trompet sangkakalanya.

SEMUANYA CIPTAAN ALLAH AKAN BERAKHIR

ketika hari kiamat datang. tidak ada manusia yang dapat menyelamatkan diri. Setiap orang akan sibuk mengurus dirinya sendiri. Bahkan seorang ibu pun, sampai lupa terhadap anaknya ketika hari kiamat datang.



PERTANYAAN ; KAPAN HARI KIAMAT AKAN TERJADI ?

Tak seorang pun, termasuk Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam yang tahu kapan hari kiamat akan terjadi dan datang. Hanya Allah Subhanahu Wata'ala yang tahu dan Nabi Muhammad hanya memberitahukan tanda-tandanya saja ;



APA YANG TERJADI SETELAH HARI KIAMAT ?

Kiamat memang hari terakhir kehidupan manusia di Bumi. Tetapi, hari itu juga merupakan awal kehidupan baru, karena setiap orang akan dibangkitkan kembali.
Sebagaimana kita ketahui, manusia memiliki peta hidup atau alam-alam yang dilalui setiap manusia adalah ;

1. Alam Ruh

adalah alam yang tahu hanyalah Allah. Setiap manusia ada Ruh nya, yang Allah tiupkan Ruh tersebut ketika bayi berumur 4 bulan didalam kandungan seorang ibu.

2. Alam Rahim (Kandungan)


adalah Alam yang hidup di dalam perut seorang ibu, selama 9 bulan lamanya kita didalam kandungan ibu kita. Susah payah, seorang ibu merawat dan menjaga bayinya didalam kandungannya, makan, minum dan istirahatnya diatur dan bahkan selalu memeriksa ke dokter. Betapa mulianya seorang ibu dan ayah menjaga kita. 

3. Alam Dunia

Adalah alam yang kita rasakan sekarang, hidup manusia hanyalah sementara. Tidak ada setiap manusia yang hidup selama-lamanya, semua pasti ada akhirnya. Perlu kita persiapkan kehidupan ini dengan ibadah dan akhlak baik.  Yang menjadi bekal kita untuk masuk dalam surganya Allah.

4. Alam Kubur (Barzakh)

Adalah Alam Penantian atau menunggu sampai hari kiamat (Akhir), setelah manusia meninggal dunia. Di bawa jenazah (mayatnya) ke makam kuburan. Yang tadi nya kita mempunyai harta (Rumah, mobil, baju, hp, uang dll), di alam ini kita tidak bawa itu semua. yang kita bawa hanyalah amal ibadah dan akhlak (sikap) kita selama di dunia. 

5. Alam Akhirat.

Adalah alam setelah Allah perintahkan Malaikat israfil menyelesaikan tugasnya yaitu meniupkan sangkakalanya 2 kali. Setiap manusia akan ditimbang Pahala (Catatan kebaikan) dan Dosa (Catatan keburukan). 

Di Alam ini, ada yaumul ba'ats (hari kebangkitan), Yaumul hisab (hari dihitung amal ibadah dan akhlak kita), Yaumul mizan (hari ditimbang amal ibadah dan akhlak kita), jembatan shiratol mustaqim (jembatan Allah, yang terbuat dari rambut manusia) dan terakhir ditetapkan masuk Surga atau Neraka. Semoga kita semua masuk Surga ya... Amien

DI ALAM AKHIRAT

Semua manusia yang berada di alam kubur di bangkitkan, hari itu disebut hari kebangkitan (Yaumul ba'ats)











Manusia dikumpulkan di padang yang luas (Padang Makhsyar)







Dan setiap amal manusia ditimbang, yang lebih berat amal baiknya akan masuk surga, sedangkan yang berat amal buruknya akan masuk neraka.


CARA PENGAJARAN UNTUK ANAK-ANAK GIMANA ?

Kiamat artinya Akhir, setiap ciptaan Allah pasti ada akhirnya contohnya ;

 
Daun yang hidup masih hijau













Daun yang mati sudah berwarna coklat . Berarti daun ada akhirnya









Pohon yang tumbuh dan hidup


Pohon yang mati dan kering

Berarti pohon ada akhirnya. Dengan contoh atau bukti ini bukan hanya daun, pohon, binatang dan manusia pasti ada akhirnya. Akan tetapi seluruh ciptaan-ciptaan Allah, pasti ada akhirnya.



KECUALI HANYA ALLAH SUBHANAHU WATA'ALA YANG TIDAK ADA AKHIRNYA.





Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "RUKUN IMAN ( IMAN KEPADA HARI KIAMAT )"